Mineral Sulfida

Mineral sulfida adalah penyesawaan langsung dengan unsur sulfur dengan unsur tertentu, kebanyaka yang berikatan dengan unsur sulfur adalah unsur-unsur besi seperti besi, perak, tembaga, timbal dan merkuri, dan merupakan bijih untuk besi yang berharga. Mineral sulfide berupa ikatan sulfur dengan logam, karena mengadung belerang mineral sulfida banyak ditemukan di daaerah gunung api yang mempunyai kandungan unsur belerang yang tinggi. Unsur utama logam akan terkontaminasi dengan sulfur. Rumus kimia dari Sulfur adalah S .        

Sebenarnya ada 3 pembentukan mineral sulfide, yaitu Sedimen, malihan, dan Hydrothermal. Pembentukan mineral Sulfida yang berkarakter Hydrothermal proses pembentukannya dipengaruhi air.  Pengkristalan mineralnya sedikit cepat karena pendinginannya dibantu dengan air. Proses hydrothermal memiliki potensi yang besr mengandung akan unsur logam yang besar. Aktifitas hidrotermal menghasilkan batuan teralterasi dan termineralisasi mengandung mineral sulfida dalam beberapa jenis dengan asosiasi tertentu, tergantung pada tipe mineralisasi dan alterasinya. Berikut ini adalah kegunaan mineral sulfide dan pemanfaatannya

Tabel Periodik, menjelaskan unsur-unsur yang berikatan dengan Sulfida
           Setelah kita tahu apa saya unsur-unsur yang dapat berikatan dengan sufida makan saya, akan memberikan beberapa mineral di alam yang telah terbentuk dengan sufida, saya memberikan mineral- mineral yang menpunyai nilai ekonomi.


 1. Mineral Galena


Mempunyai rumus kimia PbS, berguna untuk mendapatkan timah hitam, 
Sering berasosiasi dengan Au (Emas)

 2. Pyyrothotite

Mempunyai Unsur FeS. Maka berguna sebagai bijih bersi karena mengandung Fe
 
       3. Cinnabar
     Mempunyai rumus kimia HgS, maka Hgnya akan diambil dijadikan sebagai merkuri

 4. Polybasite


Mempunyai rumus kimia (Ag,Cu)16­Sb­­­211, mineral Polybasite berguna sebagai bijih silver



Galena yang berwarna Perak, saya dapatkan dari tambang emas Kulon Progo, DIY





Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengukur Ketebalan Terkoreksi/Mengukur Ketebalan Lapisan

Pengalaman cari Lowongan Kerja di Jobstreet.com

Mineral Halida